Rabu, 07 Februari 2018

Materi Microsoft Word

Materi Microsoft office word


                                       

Pengertian Mirosoft Office Word

          Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata(word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIXOS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Fungsi Mirosoft Office Word

          Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
  1. Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
  1. Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
  1. Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
  1. Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
  1. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
  1. Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
  1. Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
  1. Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)
Sejarah Mirosoft Office Word

A. Sejarah Singkat Microsoft Word

          Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.

Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.

Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.

B. Cara Mengaktifkan Microsoft Word

Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan

Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop

C. Mengenal Layar Kerja Microsoft Word

1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)

Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.

2. Baris Judul (Title Bar)

Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word

3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)

Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :

a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word

5. Baris Toolbar (Tool bar)
          Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating. 

a. Toolbar Standar 
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.

b. Toolbar Formating
Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.

6. Rulers

Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.

7. Area Pengetikan

Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter

8. Kursor

Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.

Panah atas : Memindahkan satu baris ke atas 
Panah bawah : Memindahkan satu baris ke bawah 
Panah kiri : Memindahkan satu karakter ke kiri 
Panah kanan : Memindahkan satu karakter ke kanan 
Home : Memindahkan ke awal baris pengetikan 
End : Memindahkan ke akhir baris pengetikan 
Ctrl+Home : Memindahkan ke awal dokumen 
Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen 
Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal paragraf sebelumnya 
Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal paragraf selanjutnya 
Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal kata sebelumnya 
Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal kata berikutnya 

9. Task Pane

Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.

10. Scroll Bar

Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK 

11. Office Assistant

Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik
Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
a. Posisikan pointer mouse pada gambar office asisten, lalu kili kanan 1x
b. Pada kotak percakapan office asisten, pilih dan klik tombol option
c. Muncul tampilan kotak dialog office asisten
d. Klik tab Gallery
e. Untuk memilih bentuk tampilan Office Assisant, klik tombol perintah Next atau back 
f. Klik OK jika tampilan sudah sesuai dengan keinginan kita

12. Tampilan Pilihan Layar (Tombol View)

Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).

13. Status Bar

Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya.






Pengertian Microsoft Excel 
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.
Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Kelebihan Ms Excel: 

  1. Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. 
  2. Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 
  3. Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 
  4. Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri


    Kekurangan Ms Excel:
  1. Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
  2. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  3. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

Menjelaskan Fungsi Menu dan Ikon Pada Program Microsoft Excel

Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain:

1.      MENU FILE

1)     New:  Perintah untuk membuat lembar kerja baru
2)     Open: Perintah untuk membuka dokumen
3)     Close: Perintah untuk menutup jendela workbook
4)     Save : Perintah untuk menyimpan data
5)     Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama
6)     Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web
7)     Save Workspace : Perintah untuk menyimpan sebagai file workspace
8)     File Search :  Perintah untuk mencari file workbook
9)     Permission : Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut
10) Web Page Preview :  Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
11) Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman
12) Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
13) Print Preview   : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
14) Print : Perintah untuk mencetak data
15) Send To : Perintah untuk mengirimkan file
16) Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif
17) Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel

2.      MENU EDIT

1)     Undo : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir
2)     Redo : Perintah untuk membatalkan perintah Undo
3)     Cut : Perintah untuk memotong naskah
4)     Copy : Perintah untuk membuat duplikat naskah
5)     Office Clipboard : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard
6)     Paste : Perintah untuk pasangan Cut dan Copy
7)     Paste Spesial : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut
8)     Paste as Hyperlink : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink
9)     Fill : Perintah untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja
10) Clear : Perintah untuk menghapus data
11) Delete : Perintah untuk menghapus dan memindahkan data
12) Delete Sheet : Perintah untuk menghapus sheet
13) Move or Copy Sheet : Perintah untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja
14) Find : Perintah untuk mencari data
15) Replace : Perintah untuk mengganti data
16) Go To : Perintah untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain

3.      MENU VIEW

1)     Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal
2)     Page Break Preview :  Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja
3)     Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah
4)     Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar
5)     Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris rumus
6)     Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar
7)     Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer
8)     Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja
9)     Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook
10) Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh
11) Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja

4.      MENU INSERT

1)          Cell                                  :  Perintah untuk menyisipkan sel
2)          Rows                               :  Perintah untuk menambah beris sel
3)          Columns                          :  Perintah untuk menambah kolom
4)          Worksheet                       :  Perintah untuk menyisipkan lembar kerja
5)          Chart                               :  Perintah untuk membuat grafik
6)          Symbol                            :  Perintah untuk menyisipkan symbol
7)          Page Break                      :  Perintah untuk membuat halaman yang terpotong
8)          Function                          :  Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika
9)          Name                               :  Perintah untuk memberi nama range data
10)      Comment                        :  Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja
11)      Picture                             :  Perintah untuk menyisipkan gambar
12)      Diagram                          :  Perintah untuk membuat diagram
13)      Object                             :  Perintah untuk memasukkan gambar
14)      Hyperlink                        :  Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file

5.      MENU FORMAT

1)          Cell                                  :  Perintah untuk membuat format sel
2)          Low                                 :  Perintah untuk mengatur tinggi baris
3)          Column                           :  Perintah untuk mengatur lembar kolom
4)          Sheet                               :  Perintah untuk memformat sheet
5)          Auto Format                   :  Perintah untuk membuat format table
6)          Conditional Formating    :  Perintah untuk memformat nilai data sel
7)          Style                                :  Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja

6.      MENU TOOLS

1)     Spelling                              :  Perintah untuk memeriksa data
2)     Research                            :  Perintah untuk mencari file
3)     Error Cheking                    :  Perintah untuk mengecek kesalahan
4)     Track Changes                   :  Perintah untuk melihat pengubahan oleh orang lain
5)     Compare and Merge Workbooks        :           Perintah untuk menggabungkan beberapa workbook
6)     Protection                          :  Perintah untuk mengamankan data
7)     Online Colaboration          :  Perintah untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya
8)     Goal Seek                          :  Perintah untuk mengubah nilai rumus
9)     Scenarios                           :  Perintah untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel
10) Formula Auditing              :  Perintah untuk meletakkan rumus dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus
11) Makro                                :  Perintah untuk menjalankan program makro
12) Add-Ins                             :  Perintah untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins
13) Auto Correct Option         :  Perintah untuk menampilkan perintah auto corret
14) Custommize                       :  Perintah untuk mengatur toolbars
15) Options                              :  Perintah untuk membuka menu dan tabulasi

7.      MENU DATA

1)     Short                                  :  Perintah untuk mengurutksn data
2)     Filter                                  :  Perintah untuk memfilter data
3)     Form                                  ;  Perintah untuk menambah atau mengurangi data
4)     Subtotal                             ;  Perintah untuk menghitung sub total
5)     Validation                          ;  Perintah untuk membatasi jenis data yang dimasukkan
6)     Table                                  ;  Perintah untuk membuat table
7)     Text to Columns                ;  Perintah untuk membuat naskah text menjadi berkolom
8)     Consolidate                       ;  Perintah untuk mengkonsolidasi data
9)     Group and Outline            ;  Perintah untuk menggabungkan data
10) Pivot Tabel and Pivot Chart Report    ;           Perintah untuk membuat table dan grafik pivot
11) Import External Data        ;  Perintah untuk mengimpor data luar
12) Refresh Data                     ;  Perintah untuk menyegarkan kembali data dari luar

8.      MENU WINDOW

1)     New Window                    :  Perintah untuk menampilkan lembar kerja yang di edit
2)     Arrange                              :  Perintah untuk mengatur jendela
3)     Unhide                               :  Perintah untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden
4)     Split                                   ;  Perintah untuk membagi lembar kerja
5)     Freeze Panes                      ;  Perintah untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat
9.      MENU HELP
1)     Microsoft Excel Help        :  Perintah untuk menampilkan office assistant
2)     Show the Office Assistant   :  Perintah untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih
3)     Microsoft Excel Online     :  Perintah untuk online
4)     Contact Us                        ;  Perintah untuk bantuan pada Microsoft
5)     Check for Updates            ;  Perintah untuk mengupdate
6)     Detect and Repair             ;  Perintah untuk mendeteksi dan memperbaiki Microsoft Excel
7)     About Microsoft Office Excel            : Perintah untuk melihat penjelasan tentang Excel

Microsoft Excel Shortcut Keys

Sama seperti pada program Microsoft Office lainnya, pada Microsoft Excel pun  apabila kita ingin supaya lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan/ pengetikan/ entri data,  pada perintah-perintah tertentu  akan lebih cepat kalau menggunakan shortcut key (jalan pintas), atau bagi anda yang biasa bekerja lebih banyak menggunakan keyboard.
Berikut adalah daftar shortcut key untuk Ms Excel :

  • Ctrl + A Memiilih / menyeleksi seluruh isi dari worksheet  (select all)
  • Ctrl + B Membuat Bold area / sel yang diseleksi
  • Ctrl + I Membuat  italic area / sel yang diseleksi
  • Ctrl + K Menyisipkan link.
  • Ctrl + U Membuat garis bawah  area / sel yang diseleksi
  • Ctrl + P Menampilkan kotak dialog print untuk memulai mencetak.
  • Ctrl + Z Membatalkan langkah/tindakan terakhir.
  • F2 Edit sel yang dipilih
  • F5 Menuju ke sel tertentu. Sebagai contoh, E7.
  • Shift + F5 Memunculkan kotak pencarian
  • F7 Memeriksa ejaan teks yang dipilih dan/ atau dokumen
  • F11 Membuat Chart
  • Shift + F3 Membuka jendela rumus Excel
  • Ctrl + Shift + ; Memasukan waktu saat ini.
  • Ctrl + ; Memasukan tanggal.
  • Alt + Shift + F1 Membuat Worksheet baru.
  • Ctrl + 5 membuat strikethrough sel /area yang dipilih
  • Ctrl + F9 Minimize jendela window
  • Ctrl + F10 Maximize jendela window
  • Ctrl + F6 Beralih di antara file excel yang sedang dibuka
  • Ctrl + Page up Memilih  Sheet ke arah kiri
  • Ctrl + Page down Memilih  Sheet ke arah kanan
  • Ctrl + Tab Beralih di antara Dua atau lebih file exel yang terbuka
  • Alt + = Membuat rumus untuk jumlah semua sel di atas
  • Ctrl + ' Memasukan nilai di atas ke dalam sel sel yang dipilih.
  • Ctrl + Shift + ! Format nomor dalam format koma.
  • Ctrl + Shift + $ Format angka dalam format mata uang.
  • Ctrl + Shift + # Format nomor dalam format tanggal
  • Ctrl + Shift + % Format nomor dalam format persentase
  • Ctrl + Shift + ^ Format nomor dalam format ilmiah.
  • Ctrl + Shift + @ Format nomor dalam format waktu.
  • Ctrl + Arrow key  Pindah ke bagian berikut teks.
  • Ctrl + Space  Pilih seluruh kolom.
  • Shift + Space Pilih seluruh baris.

Rumus-rumus dan penggunaannya pada Microsoft Excel

  1. Penggunaan rumus pada excel yang paling mudah yaitu operasi penjumlahan dan pengurangan, caranya cukup gampang yaitu menambahkan sell satu dengan lainnya,, contohnya (=A1+A2)

  2. Count, merupakan rumus untuk menghitung banyak angka(hanya angka) dalam sebuah range. Contoh =count(A2,A5)

  3. Counta, dugunakan untuk menghitung banyak data (dpt berupa angka atau huruf) dalam sebuah range dan caranyapun masih sama dengan count. countif, dugunakan untuk menghitung banyak data dengan criteria tertentu, misalnya dalam sebuah range ada beberapa sell yang sama, maka kita dapat menentukan ada berapa banyak sell yang sama tersebut. Contoh =countif(B15:B20,criteria sma yg dicari)

  4. Sumif, digunakan untuk menghitung jumlah data dengan criteria tertentu dan kemudian data yang sama tersebut ditotalkan, caranya cukup dengan memasukkan rangenya, criteria yg sma, kemudian masukkan range yg akan dijumlahkan. contoh; =SUMIF(F17:F22,2,F17:F22)

  5. sum, yaitu rumus yang digunakan untuk menjumlahkan total dari beberapa range,,
    contohnya saja =SUM(A1:A5)

  6. min, yaitu rumus yang digunakan untuk mengetahui variable angka yang paling kecil, caranya dengan menggabungkan beberapa range dari yang ingin diketahui jumlah yang paling kecilnya, contoh =min(A2:A17)

  7. Max, merupakan kebalikan dari min, caranya pun juga sama contoh; =max(A5:A15)

  8. Right, yaitu penggunaan untuk mengambil beberapa karakter dari sebelah kanan, caranya dengan memasukkan text atau juga sell yang dipilih. contohnya; =right(B15,3)

  9. Mid, yaitu penggunaan untuk mengambil beberapa karakter dari tengah, cukup memasukkan teks/sellnya kemudian masukkan start num/dimulai dari karakter berapa dan terakhir masukkan isi berapa karakter ingin diisi, contoh; =mid(A5,2,5)

  10. Left, ini adala kebalikan dari right, yaitu mengambil karakter dari sebelah kiri, contoh =left(A1,3)

  11. Hlookup, merupakan rumus untuk mengambil rumus dari table secara horizontal. Caranya kita harus menentukan range table yang akan jadikan pedoman, dan kemudian tekan f4 di range tersebut guna untuk mengunci range tersebut agar nantinya ketika dicopy rumusnya tidak error. Yang harus dilakukan yaitu, mengisi lookup value,table array,rowindeksnum,dan range lookupnya

  12. Vlookup, merupakan kebalikan dari hlookup, dengan mengambil rumus secara vertical. Dan caranya pun juga masih sama dengan Hlookup

  13. IF, merupakan penggunaan rumus yang menurut saya agak sulit karena rumusnya adalah yang paling panjang dan juga menggunakan logika, caranya kita harus menentukan terlebih dahulu apa saja yang ingin  dibuatkan logikanya. Kemudian isi logical test, value is true, da kemudian value is false
Operator Matematika yang Sering Digunakan (Rumus Dasar)

Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Excel ini, karena setiap tabel dan dokumen yang Kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. MS Excel memang sangat diunggulkan dalam menampung data-data yang bersifat numerik. Maka dari itu, di dalam MS Excel pun terdapat Operator dasar Matematika dan ini biasanya disebut sebagai rumus standar. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam Rumus Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

No
Operator
Fungsi
Contoh Penggunaan
1
+ (ikon plus)
Penjumlahan
=A1+A2
2
- (ikon minus)
Pengurangan
=A3-A4
3
* (ikon bintang)
Perkalian
=A5*A6
4
/ (ikon garis miring)
Pembagian
=A7/A8
5
^ (ikon caret)
Pangkat
(angka berapapun yang berada di cell A9 akan dipangkat 2
6
% (ikon persen)
Prosentase
=A1*10% (gunakan sesuai dengan keb



MICROSOFT POWER POINT



A. Pengertian

Microsoft Power Point atau Microsoft Office Power Point adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.
Dimulai pada versi  Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft Power Point saja menjadi Microsoft Office Power Point. Versi terbaru dari Power Point adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
Microsoft Power Point adalah software yang
sangat membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena Microsoft Power Point akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer.
Presentasi Power Point dapat terdiri dari teks, grafik, objek gambar, clipart, movie, suara dan objek yang dibuat program lain. Program ini pun dapat dicetak secara langsung menggunakan kertas, atau dengan menggunakan  transparansi untuk kebutuhan presentasi melalui Overhead, serta dapat dicetak untuk ukuran slide film. Apabila dibutuhkan dibagikan kepada audiens sebagai bahan pendukung dalam presentasi, maka kita dapat mencetaknya seperti notes, handout dan outline. 

B. Penggunaan Ms. Power Point
Langkah-Langkah Menjalankan Microsoft Power Point:
--  Pilih dan kllik menu windows Star- Program (All Program) - Microsoft Office Power Point. pilih blank presentation
-- Pilih slide layout yang diinginkan
-- Masukkan teks ke dalam slide
-- Masukkan gambar, background, dan animasinya ke dalam slide
-- Jalankan presentasi menggunakan F5
-- Simpan presentasi dengan perintah Save as pada menu file.
Beberapa Cara Membuat Presentasi Menggunakan Power Point:
--  AutoContentWizard : Membuat presentasi dengan tema dan pola/bagian sudah disiapkan oleh komputer.
-- Design Template       : Membuat presentasi menggunakan kerangka presentasi yang telah disiapkan oleh komputer.
-- Blank Presentation    : Membuat presentasi dengan tema dan pola sendiri.
-- Open an existing Presentation : Membuka file presentasi yang pernah disimpan.


Langkah-Langkah Memasukkan Background dan Mengambil Gambar:
 Cara Memasukkan Background:
-- Klik format, pilih background
-- Klik anak panah kecil, pilih fill effect kemudian pilih warna yang diinginkan
-- Klik Apply (untuk slide yang aktif) atau klik Apply to All (untuk semua slide)

• Cara Mengambil / Memasukkan gambar:
-- Klik Insert, pilih picture, klik clipart
-- Pilih gambar yang diinginkan, klik insert clip
-- Tutup kotak dialog clipart dengan cara klik tanda close (x) pada pojok kanan atas
-- Atur posisi letak gambar ke tempat slide yang kita inginkan.

Langkah-Langkah Memberi Efek atau Animasi pada Slide:
--  Klik slide show, pilih custom animation
-- Aktifkan masing-masing title dengan memberi tanda centang
--  pilih effect yang diinginkan pada pilihan entry animation and sound

-- pilih jenis suara pada pilihan sound
-- klik tombol preview untuk melihat tampilan slide sementara
-- klik tombol "ok" untuk menutup kotak dialog


CaraMengatur Slide agar Berjalan Secara Otomatis:
--  Klik menu slide show
-- Klik pada pilihan slide transition
-- Klik pada pilihan slow, agar jalannya slide diatur lambat
-- Aktifkan "automatically after"
-- Klik tombol apply untuk pilihan slide yang aktif atau apply to all untuk semua slide



Cara Menjalankan Sebuah Slide Presentasi:
-- Buka file presentasi terlebih dahulu
-- Klik slide show
-- Klik view show / F5
Langkah-Langkah Membuat Table pada Slide:
-- Klik menu insert
-- Klik pada pilihan table
-- Klik bagian number of columns untuk menentukan banyaknya kolom yang diinginkan
-- Klik pada bagian number of rows untuk menentukan banyaknya baris yang diinginkan
-- Klik tombol "ok".
Cara Menghapus Sebuah Slide:
-- Klik slide yang akan dihapus.
-- Klik view, pilih delete slide (tekan tombol delete pada keyboard).

#Note

Secara umum menu dalam Ms. PowerPoint dikelompokkan dalam 3 kategori yaitu: Pulldown menu, toolbar dan takspane.


C. Keunggulan Microsoft PowerPoint

• Modus Slide Show yang lengkap.

  Menyediakan banyak pilihan media presentasi:
-- Overhead Tranparacies (Tranparansi Overhead): menggunakan slide proyektor atau     OHP.

-- Slide Show Presentation (Presentasi Slide Show): menggunakan LCDatau InFocus.
-- Online Presentation (Presentasi Online): melalui internet atau LAN.
-- Print Out dan Handout : presentasi dicetak dan dibagikan pada peserta.

 Presentasi Multimedia:
Kita dapat menambahkan berbagai multimedia pada slide presentasi, seperti : clip art, picture,gambar animasi(GIF dan Flash), background audio/music¸narasi,movie(video klip).

• Pemaketan slide presentasi ke dalam CD.
PowerPoint 2003memiliki fasilitasuntuk memaket slide presentasi ke dalam CD. Presentasi ini dapat ditampilkan langsung (autorun) dan masih dapat ditampilkan walaupun tidak terinstall programPowerPoint.
- See more at: http://acemeow.blogspot.co.id/2014/04/tugas-rangkuman-materi-microsoft-office.html#sthash.xPlgt3cF.dpuf


website

1. Cara Membuat Website

Sebelum membuat website, hal yang harus Anda persiapkan adalah Hosting + Domain. Jika Anda bingung apa itu Hosting, maka kita bisa mengibaratkan Hosting itu ibarat Rumah untuk menyimpan barang-barang (file) dan Domain ibarat Nama Jalannya, agar pengunjung bisa berkunjung.

Untungnya hampir semua penyedia layanan website sekarang ini sudah menyediakan paket lengkap, yaitu mereka sudah menyiapkan Hosting dan Domain menjadi satu, jadi pesan Hosting dapat gratis Domain. Karena kita nyari yang gratisan jadi kita gak akan dapat Domain, melainkan hanya akan mendapat SubDomain (ada embel-embelnya, semacam blogspot.com atau wordpress.com).

Kembali ke Topik, untuk Cara Membuat Website.
  1. Kunjungi situs penyedia Layanan pembuatan Website, disini akan saya beri contoh menggunakan situs penyedia layanan yang cukup populer di Indonesia, yaituIDHostinger. Langsung saja kunjungi http://www.idhostinger.com/
  2. Setelah terbuka, selanjutnya klik Buat Akun. Letaknya ada di pojok kanan atas, dekat form login.

  1. Di halaman ini Anda diwajibkan mengisi. NamaE-mail dan Password Anda. Isikan sesuai tempatnya.
Jangan lupa centang, Saya setuju dengan Ketentuan Penggunaan Layanan.
  1. Selanjtunya, kita buka Tab Baru dan masuk ke Email kita, untu mengaktivasi Akun kita. Nanti ada dua Email dari yang dikirim oleh IDHostinger, Anda lihat saja yang pertama atau yang paling bawah
  1. Tingal Anda klik atau salin link tersebut ke Address Bar dan klik Enter.
  2. Disini kita akan disuruh memilih Paket Hosting yang akan kita pakai nanti untuk Membuat Website. Karena kita hanya akan Membuat Web untuk Belajar saja, maka kita Order saja yang Paket Gratis.
  1. Kalau diatas kita sudah memesan Hostingan makan setelah itu kita akan diberi hadiah SubDomain. Untuk SubDomainnya ada banyak pilihan, silahkan Anda pilih yang paling cocok atau sesuai dengan selera Anda. Lalu klik Buat
  1. SubDomain + Hosting Anda akan dibuat, jadi tunggu hingga muncul pemeberitahuan 'Akun telah dibuat 100%' di pojok kanan bawah
  1. Selanjutnya, silahkan Anda klik Lihat Hasil.
  2. Dari sini kita sudah berhasil membuat akun untuk membuat Websitenya, namun kita belum memesan Hosting + SubDomain atau dengan kata lain suah berhasi Mendaftar / Membuat Website. Namun kita harus melanjutkan untuk mengisi website kita dengan Artikel atau File. Caranya dengan mengklik tombol Kelola
  3. Maka Anda akan dibawa ke Cpanel (Control Panel). Disinilah tempat Anda mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan website Anda. Mulai dari :
    • Menambah Subdomain
    • Parkir Domain
    • Impor Website
    • Impor Database
    • Mengatur Halaman Error

Dan masih banyak lagi. Namun kita tidak akan membahas fitur-fitur yang ada di Cpanel ini (butuh watu berhari-hari). Tujuan kita masuk Cpanel adalah untuk mengambil Data mengenai : 'Nama pengguna'

Lihat dan silhkan Anda Catat (kalau bisa dikertas atau buku).

2. Cara Upload File ke Website Menggunakan FTP

Untuk mengupload suatu file kedalam Website atau lebih tepatnya kedalam Hosting (rumah) sebenarnya cukup mudah, yaitu cukup dengan mengklik File Manajer dan tinggal Anda pilih file yang akan Anda Upload.

Tapi yang jadi masalah bagaimana jika kita ingin mengupload file kedalam Hosting saat kita menggunakan HandPhone ? tentu kita tidak mungkin masuk File Manajer yang ada disediakan IDHostinger, karena ada beberapa Javascript yang harus dijalankan, dan itu tidak mungkin dijalankan di browser Handphone (operamini / ucbrowser).

Maka dari itu, disini kita akan meminta bantuan FTP. FTP Online ini fungsinya menjadi perantara, Antara file yang akan kita upload dengan Hosting yang sudah kita pesan tadi (tanpa melalui file manajer).

Mohon maaf disini saya akan memberikan screenshotnya dari tampilan PC, tapi sebenarnya sama persis kok tampilannya antara di PC dan Handphone, karena saya sering membuka di HP juga.

Untuk Upload filenya mealalui FTP Online tentunya kita harus memilih 1 dari ribuan FTP Online yang ada di Internet, disini saya memutuskan untuk memilih Net4India karena sudah support https dan yang terpenting adalah sangan HandPhone Friendly (nyaman dan tidak terlalu berat jika dibuka melalui hp).

Sekarang, langkah-langkah Cara Upload File ke Website atau Hosting menggunakan FTP Online.
  1. Buka https://ftp.net4india.com

  1. Tadi sebelumnya saya menyuruh Anda untuk mencatat 'Nama pengguna' bukan ? gunanya ya untuk mengisi Login Panel di FTP ini. Ada tiga form yang harus Anda isi.

    FTP server: Isikan Nama Domain Anda
    Username: Isikan Nama Pengguna
    Password: Isikan Password

    Setelah semua terisi silahkan Anda klik Login.

    * yang dimaksud password disini adalah password saat Anda mengisi SubDomain, jadi bukan password saat Anda membuat akun IDHostinger.
  1. Setelah klik Login, maka Anda akan masuk kedalam direktori root.
  2. Di direktori (folder) ini Anda tidak bisa mengupload apapun, andai kata bisa upload, Anda tidak akan bisa mengaksesnya melalui url (tidak bisa diakses umum), karena filenya berada di dalam. Solusinya Anda klik dulu public_html.
  3. Disinilah tempat untuk mengatur halaman depan website Anda. Cara Mengaturnya, pertama-tama Anda hapus dulu default.php yang ada di direktori public_html ini. Ohya, default.php ini isinya adalah ucapan selamat datang yang otomatis dibuat oleh pihak IDHostinger, jadi kita hapus saja tidak masalah.
  4. Centang filenya dan pilih Delete. Lalu pilih Submit, dan klik Back untuk kembali ke public_html.
  5. Langkah selanjutnya tinggal kita upload file kita ? tapi file apa yang akan kita upload ? jangan kuatir disini saya akan memberikan script / kode html untuk membuat halaman depan website, oya kode ini bukan buatan saya melainkan buatan master problogiz, yang juga sudah valid HTML5. Langsung saja ini dia kodenya.
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">

<head>
<meta charset="utf-8">
<title>Page Title</title>

<!-- meta tags -->
<meta name="keywords" content="">
<meta name="description" content="">

<!-- stylesheets -->

<style>
/* ~~~~~~~~~ layout ~~~~~~~~~~ */
#container {width: 960px;margin: 20px auto;background: #fff;padding: 30px;overflow: hidden;}

/* ~~~~~~~~~ header ~~~~~~~~~~ */
#main-navigation {border-bottom: 5px solid #3942A3;margin: 20px 0;}
#main-navigation ul {overflow: hidden;width: 100%;list-style: none;font-size: 1.6em;}#main-navigation li {float: left;}
#main-navigation li a {background: #3972A3;margin: 0 5px 0 0;padding: 5px 30px;display: block;color: #000000;text-decoration: none;}
#main-navigation li.current a {background: #666;}
#main-navigation li a:hover {background: #777; }

/* ~~~~~~~~~ article ~~~~~~~~~~ */
article {width: 100%;overflow: hidden;}
section {float: left;width: 500px;}

/* ~~~~~~~~~ aside ~~~~~~~~~~ */
aside {float: right;width: 310px;}

/* ~~~~~~~~~ footer ~~~~~~~~~~ */
footer {width: 840px;margin: 20px auto;font-size: 1.4em;text-align: right;}

/* ~~~~~~~~~ common ~~~~~~~~~~ */
body, select, input, textarea {font: 0.625em/1.4 tahoma, verdana, arial, helvetica, sans-serif;color: #333;}
body {background: #ccc;}
h1 {font-weight: normal;color: #666;font: 3.2em/1.4 georgia, 'times new roman', times, serif;margin: 0.2em 0 0;}
h2 {font-weight: normal;color: #666;font: 2.4em/1.4 georgia, 'times new roman', times, serif;margin: 0.2em 0; }
section p, section ul, section ol,
aside p, aside ul, aside ol {font-size: 1.4em;margin: 1em 0;}
section ul {margin-left: 1em;}
section ol {margin-left: 1.4em;}

/* ~~~~~~~~~ generic ~~~~~~~~~~ */
html, body, address, blockquote, div, dl, form, h1, h2, h3, h4, h5, h6, ol, p, pre, table, ul,
dd, dt, li, tbody, td, tfoot, th, thead, tr, button, del, ins, map, object,
a, abbr, acronym, b, bdo, big, br, cite, code, dfn, em, i, img, kbd, q, samp, small, span,strong, sub, sup, tt, var, legend, fieldset {margin: 0;padding: 0;}
img {vertical-align: bottom;}
img, fieldset {border: 0;}
html {overflow-y: scroll;}
header, nav, section, article, figure, aside, footer {display: block;}
</style>

<!-- javascript -->
<script src="js/jquery-1.3.2.min.js"></script>

<!--conditional-->
<!--[if IE]>
<script src="js/html5.js"></script>
<![endif]-->
</head>

<body class="home">

<div id="container">
<header id="page-header">
<h1>Judul Blog</h1>
<nav id="main-navigation">
<ul>
<li class="current"><a href="#">Home</a></li>
<li style="color: red;"><a href="#">About</a></li>
<li><a href="#">Menu</a></li>
<li><a href="#">Portfolio</a></li>
<li><a href="#">Contact</a></li>
</ul>
</nav>
</header>
<article id="page-content">
<section>
<hgroup>
<h2>Pemahaman HTML5</h2>
<h2>Demo HTML5 Template</h2>
</hgroup>
<p>Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus ac iaculis erat. Maecenas id fermentum odio. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos.</p>
<h2>HTML 5 Item</h2>
<ul>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
</ul>
<ol>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
<li>Lorem ipsum dolor sit amet</li>
</ol>
</section>
<aside>
<h2>Artikel Terkait</h2>
<p>Aliquam id lorem ac tellus fringilla bibendum et at turpis. In ut auctor justo. Integer ac quam sed est semper hendrerit.</p>
</aside>
</article>
</div>

<footer>
Footer
</footer>

</body>
</html>

Pertama Anda copy paste dahulu seluruh script diatas, selanjutnya paste kan kedalam aplikasi moby explorer (ini yang biasa saya pakai kalau mengedit text di hp) atau Anda bisa juga menggunakan editor yang gratis lainya, edit yang perlu diedit setelahs selesai di edit seve dengan nama index.html (tulis persis dengan apa yang saya tulis, jangan diganti Index.html atau ind3x.html)
  1. Setelah Anda save sekarang saatnya Anda upload, caranya mudah saja, klikUpload.

  1. Dan selanjutnya pilih Choose File (ada 2 tulisan choose file, anda pilih yang atas karena itu nanti file yang diupload tidak akan dikompres / meminimalisir file rusak). Dilanjut dengan mengklik tombol Submit.

    Jika muncul tulisan :
  2. Checking files: 
  3. File index.html is OK
  4. Transferring files to the FTP server: 
  5. File index.html has been transferred to the FTP server using FTP mode FTP_ASCII

  6. Berarti file sukses diupload, itu artinya kita sudah berhasil mengubah halaman depan Website yang kita buat. Kalau tidak percaya cek saja Website Anda.

    Ini screenshot halaman depan Website saya yang index.html-nya menggunakan kode diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar